Budaya Perusahaan adalah istilah yang luas digunakan untuk mendefinisikan kepribadian unik atau karakter dari suatu perusahaan atau organisasi. Dalam perusahaan, mungkin ada sub-budaya di departemen, divisi, daerah atau unit operasi.
Budaya kerja korporasi adalah keseluruhan kepercayaan (beliefs) dan nilai-nilai (values) yang tumbuh dan berkembang dalam suatu organisasi, menjadi dasar cara berpikir, berperilaku dan bertindak dari seluruh insan organisasi, dan diturunkan dari satu generasi ke generasi.Budaya kerja dapat di daya gunakan sebagai daya dorong yang efektif dalam mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi organisasi.
Budaya perusahaan dimulai ketika organisasi dimulai dan berkembang seiring dengan pertumbuhan. Seiring waktu, perubahan budaya sebagai orang - orang datang dan pergi. Budaya mencerminkan nilai - nilai, etika, keyakinan, kepribadian dan ciri - ciri para pendiri, manajemen perusahaan dan karyawan. Dalam sebuah perusahaan yang mapan, budaya ini begitu kuat sehingga bahkan manajemen puncak yang baru mungkin tidak dapat mengubahnya. Atau, jika mereka mencoba, mungkin diperlukan waktu 5, 10 atau 20 tahun untuk berubah.
Salah satunya PT Mobile-8 Telecom Tbk (FREN) dan PT Smart Telecom yang membentuk kerjasama yang dilakukan oleh kedua penyedia layanan telekomunikasi ini untuk memperkuat posisi masing-masing di pasar telekomunikasi Indonesia. Bentuk nyata kerjasama dari kedua penyedia layanan telekomunikasi berbasis CDMA ini diberi lambang ’smartfren’ yang akan dipergunakan disemua kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh kedua perusahaan.
Seperti dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), keduanya telah melakukan penandatanganan kerjasama. Hal ini disampaikan Sekretaris Perusahaan FREN, Chris Taufik dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek, pada 3 Maret 2010. "Salah satu pertimbangan dilakukannya kerjasama adalah untuk efisiensi biaya dimasing - masing entitas dengan menggabungkan beberapa aktivitas - aktivitas seperti galeri, media iklan, dan promosi," kata Corporate Secretary Fren Chris Taufik. Ia menambahkan, SmartFren tersebut merupakan hak milik intelektual dari PT Smart Telecom. Perseroan meyakini dengan dilakukannya efisiensi biaya ini, maka secara bertahap perseroan akan mampu memperkuat posisinya di tengah persaingan industri telekomunikasi dalam negeri.
Smart dan Mobile-8 sebagai penyedia layanan telekomunikasi yang berada didalam pasar telekomunikasi yang sangat kompetitif ini tentunya ingin mencapai skala ekonomis yang ideal. Salah satu sarana yang mungkin untuk dijalankan untuk mencapai hal tersebut saat ini adalah melakukan kerjasama di beberapa kegiatan pemasaran. Diharapkan kerjasama strategis ini dapat membantu kami mengatur pengeluaran operasional yang lebih efisien dan efektif sehingga dapat memperkuat posisi dan layanan kami di industri telekomunikasi tanah air”, dipaparkan oleh Sutikno Widjaja, Presiden Direktur PT Smart Telecom.
”Sinergi baru dapat terlaksana dengan baik ketika menghasilkan tingkat skala ekonomis yang diharapkan karena adanya penghematan biaya disisi operational. Hal tersebut pasti membutuhkan waktu yang tidak singkat dan sekaranglah saat yang tepat, khususnya bagi Smart dan Mobile-8 untuk memulai melakukan penjajagan kearah tercapainya skala ekonomis yang ideal”, lebih lanjut dijelaskan Sutikno Widjaja.
Mengenai kerjasama ini, Merza Fachys, Presiden Direktur Mobile-8 mengatakan, ”Sebagai dua entitas bisnis yang terpisah dan masing - masing berdiri sendiri, Smart dan Mobile-8 tentunya memiliki kelebihan dan sumber dayanya masing - masing, sehingga secara umum sinergi yang dilakukan adalah bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan yang dimiliki masing-masing beserta dengan sumber daya yang ada. Bentuk nyata dari sinergi ini sendiri kami lakukan dalam beberapa kegiatan dan peningkatan layanan seperti misalkan kerjasama dibeberapa kegiatan pemasaran, memadukan galery, handset bundling, logistik atau pengadaan kartu perdana, dan lainnya”.
PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) meluncurkan smartfren pertama HP dengan layanan Fren Duo, layanan komunikasi yang menggabungkan layanan telepon lokal melalui telepon selular di satu kartu. HP ini akan menyediakan berbagai fitur menarik dan program gratis yang mengarah kepada masyarakat agar. Fitur lain: karaoke mobile, cerita pendek di 1001, akses ke situs berita online, FM radio dan paket SMS setiap isi ulang, Free Ringtones dan wallpaper Selain layanan HP 2 ON (Dual On), pelanggan dapat menikmati penghematan pulsa lokal masing - masing mereka membuat panggilan dengan nomor lokal dan masih dapat berkomunikasi dengan nyaman tanpa kartu kompensasi atau registrasi saat keluar kota.
Mengenai Mobile-8
PT Mobile-8 Telecom Tbk merupakan operator telekomunikasi CDMA terbesar di Indonesia dengan layanan bergerak (seluler) dan mobilitas terbatas (FWA). Saham PT Mobile-8 Telecom Tbk terdaftar dengan kode FREN di Bursa Efek Indonesia. Melalui produk Fren, Mobile-8 menyediakan layanan dengan nilai tambah, baik dari sisi data dan fasilitas multimedia, dengan daerah cakupan meliputi pulau Jawa, Madura, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Pelanggan juga mendapatkan keunggulan tarif murah lokal di seluruh area wilayah cakupan Hepi. Selain itu, Mobi hadir memberikan layanan internet berkecepatan tinggi, solusi komunikasi data 3.5G CDMA. Mobile-8 menggunakan teknologi CDMA2000 1x dan CDMA2000 1xEV-DO pada spektrum frekuensi 800 MHz.
Mengenai Smart
Smart Telecom hadir untuk memberikan sebuah layanan selular terdepan, inovatif, bernilai lebih dengan kualitas mengagumkan dengan menggunakan teknologi CDMA2000 1X dan EVDO REV-A yang memungkinkan komunikasi seluler dengan suara yang jernih dan akses data berkecepatan tinggi kepada masyarakat Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, Smart Telecom berkomitmen untuk membangun jaringan berkualitas dunia di tanah air, membangun organisasi yang berbasis pada pelanggan, fleksibel dan cepat, serta memberikan nilai lebih pada jumlah uang yang dikeluarkan pelanggan dan menjembatani teknologi digital. Nikmati layanan Smart Telecom yang hebat dan hemat.
Dengan adanya budaya korporatif dalam perusahaan, cara kerja yang dibentuk ini sangat menguntungkan baik bagi kedua belah pihak dan juga masyarakat. Dengan penghematan biaya operasional ini dapat membantu perusahaan ini untuk memberikan layanan telekomunikasi yang terjangkau dengan kualitas terbaik bagi masyarakat.
Selain itu penyedia layanan ini akan tetap memperkuat layanan telekomunikasinya di pasar dengan produk - produk yang diunggulkan dari masing - masing perusahaan yaitu layanan berbasis suara dan data Smart, layanan berbasis suara Fren Duo dan Fren Sobat serta layanan data dari Mobile-8 yaitu Mobi.
Sumber :
• http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.setyobudianto.com/2010/03/smartfren-pt-smart-telecom-and-pt.html
• google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://kupluk2.blogspot.com/2010/03/smart-dan-fren-melebur-jadi-smartfren.html
• http://smartfren.com/news/news1.html
• http://edratna.wordpress.com/2006/12/06/budaya-korporatif-etika-bisnis-dan-corporate-sosial-responsibilities/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar